KULIAHKU, SUKSESKU

Cara membagi waktu
KULIAH
Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Hai guys... salam kenal. Perkenalakan aku Reni Bintang. Kali ini aku ingin membahas. Bagaimana sih cara membagi waktu kuliah?????
Wah.. ini nih lebih tepatnya tentang manajemen waktu kuliah ya...
“ kak gimana sih cara kuliah tetap enjoy, santai, biar liburan, banyak free, gak banyak tugas , gak pusing” .. uehhh... banyak banget nih pertanyaan-pertanyaan yang ada di otak kaliankan.. J
J sebenarnyaa sama... aku dulu waktu pertama kali kuliah, pengen banget kuliah kayak di film-film gitu.. seru kayaknya... tapi nih, pas realitanya.. beda banget dah pokoknya.
Tapi, insyaallah aku punya solusi nih, biar kuliah oke, organisasi yes, free time juga dapet , bisa hangout bareng temen, jalan-jalan bareng teman kuliah dan juga liburan pastinya..
Baiklah.. yang pertama nih bagi kamu yang belum tau, apa sih kuliah?????
Kuliah merupakan jenjang tertinggi pendidikan yang dimana kamu harus melalui tahap yg dasar itu seperti Sekolah dasar, kemudian dilanjutkan dengan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Setelah itu kamu jadi masuk perguruan tinggi deh, yang dikenal sebagai Mahasiswa/i.
            Nah... sudah ngerti dong tentang kuliah..
Selanjutnya, organisasi itu apa sih??? Wah, kalian ini juga pasti tau kan.. organisasi merupaka suatu wadah yang mempunyai tujuan, harapan dan cita-cita atau sebagainya sehingga dapat mencari solusi untuk mewujudkan tujuan atau cita-cita tersebut. Jadi, oraganisasi itu akan membentuk struktur yang mempunyai kepala/ketua dan juga anggota-anggotanya pastinyaa.
Mungkin kamu sudah pernah berorganisasi di SMPatau SMA , jadi di perguruan tinggi juga ada yang namanya organisasi bahkan lebih besar cakupanya dari SMP ataupun SMA.
Jadi, biar gak kuliah terus, bosan, gak ada kerjaan. Lebih baik guys.. waktu kita di luangkan untuk beroraganisasi. Karena di organisasi juga kita akan melatih Public Speaking. Dimana Public Speaking ini sangat penting guys.. untuk bersosialisasi dimasyarakat..
Nah.. singkat cerita, aku itu duluanya pendiam banget.... untuk tampil di depan umum aje.. beuuhh.. grogi, gemeteran, gak pede dan sebagainya...
Tapi, karena aku suka banget dan pengen banget jadi seorang wartawan ataupun presenter, ehh.. maluu bangett.. ini cita-cita lama yaa guys.. jadi, aku kuliah itu bukan jurusan jurnalistik melainkan jurusan pertanian J seorang petani berdasi ... wkwkwk JJJ *kagak adee sih yang kayak gini.. *
Trus.. akuu melatih public speaking aku guys.. dan itukagak mudahh sama sekalii guys... tampil di depan itu harus memunyai jiwa yang berani dan Pede tingkat tinggi..
Alhamdulillah... karena berkat perjuangan yg kuat agar bisa menjadi pembicara yang baik dan bagus. Kini, aku sudah sering menjadi MC dan moderator dan bahkan pernah menjadi pemateri juga J .
Jangan takut untuk mencoba guys.. kegagalan itu pasti ada, tapi dibalik kegagalan itu banyak sekali hikmah yang tersembunyikan..
Jadi.. untuk menjadi MC, aku pernah menjadi Mc di suatu ajang acara yang besar yang didalamnya itu kurang lebih 1000 0orang .. dan itu, goal aku yang luar biasa sekali dan tidak menyangka juga bisa dijadikan MC di acara syukuran wisuda. Tapi guys, untuk berbicara di depan 1000 orang itu harus melewati beberapa  tahap public speaking dulu. Ada pepatah yang mengatakan “ kamu tidak akan mungkin bisa berbicara di depan 1000 orang  jikalau kamu belum pernah berbicara di depan 100 orang, kamu tidak mungkin bisa berbicara di depan 100 orang jikalau kamu belum pernah berbiacara di depan 10 orang, dan kamu tidak mungkin akan bisa berbicara di depan 10 orang jikalau kamu belum pernah berbicara di depan diri kamu sendiri”
Jadi, selain menulis di blog aku juga berbagi / sharing cerita di instagram, dan sebenarnya aku juga suka beberapa olahraga. Nah, buat kamu yang banyakkk banget bakatnya... boleh disalurkan di orgasnisasi atau komunitas bisa, kursus bisa, tapi tergantung dengan bakatnyanya dulu guys..
Baiklah.. aku kasih tips cara waktu kuliah dapat nilai yang pastinya memuaskan J
1.       Harus rajin kuliah
Jadi, bagi kamu yang mau mendapatkan nilai yang tinggi harus rajin kuliah adalah salah satunya. Kalo gak rajin kuliah, gimana mau dapet nilai tinggi, kuliah ajee maless ... wkwkwk...
2.       Planning
Planning atau rencana sangat penting nih, buat jadwal kegiatan kamu setiap harinya. Misalnya jadwal kuliah buat besok, kegiatan buat besok, target besok dan apa-apa yang harus kamu lakukan besok. Misalnya besok kamu akan ngevlog, nulis, dinner, ke mall kek.. pokoknya hal yg gak penting sekalipun boleh kamu catat contohnya, mandi, tidur.. boleh juga dicatet kalo mau wkwkwkwk..
3.       Lakukan
Maksud lakukan disini adalah setelah kamu merencanakan target setiap harinya kamu bakal tau nih, jadwal-jadwal kamu besok apa aja. Jadi, tinggal kamu aplikasikan ajee.. tapi gak semua rencana yang kamu susun itu sama seperti yang kamu lakukan. Jadi di tindakan inilah kamu tahu bahwa kamu perlu rencana yang mendesak atau planning yang cepat.
4.       Harus berorganisasi
Sudah aku jelaskan yaa kalo organisasi ini sangat penting. Jadi janganlah jadi mahasiswa yang kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) kamu hanya mendapatkan materi di dalam aje, tanpa ada inspirasi di luar. Dan kebanyakan orang yang pintar sekalipun tetapi tidak berorganisasi susah mendapatkan perkerjaan di luar karena apa pul=blic speakingnya kurang namun di dalam kampus dia dibilang pintar karena IPK nya yang tinggi. Dia tau Cuma teorinya saja, tapi belum tentu tahu prateknya kan???..
Nah.. jadilah mahasiswa yang kura-kura (kulah rapat kuliah rapat) kamu tentunya merakan nih, cara bermusyawarah, cara menyampaikan aspirasi di depan umum dan bahkan kamu akan dapat pengalaman yang baru tentunya bisa berlajar di luar bersama teman-teman kamu.
5.       Menyibukkan diri dengan hal yang positif
Yang kelima ini termasuklah bakat dan minat karena penting mengembangkan keahlian kamu masing-masing. Luangkanlah waktumu untuk berolahraga serta melatih kinerja otak kamu supaya tidak selalu stress dan pusing memikirkan tugas kuliah.
6.       Jangan tunda perkerjaan tugas kuliah
Untuk masalah tugas kuliah, makalah, laporan, penelitian, TA, seminar. Kerjakanlah tanpa kamu menunda-nunda waktu. Salah satu mahasiswa yang pintar mengatur waktunya adalah tanpa menunda mengerjakan tugasnya guys.. jadi buat kamu nih yang suka menunda-nuda tugas.. segerakan untuk mengerjakan tugas karena, di kuliah hari ini dikasih tugas, kemungkinan besok kita akan mendapatkan tugas baru, dan besoknya lagi, dan begitu teruss.. kalo kita menundanya guys, bakalan kewalahan dan menumpuk...
7.       Sering konseling ke dosen pembimbing
Ini juga salah satu hal penting dalam mengatur kuliah guys... selain belajar di kelas, kita juga perlu mengatur waktu dengan dosen pembimbing yang akan memberi masukaan, saran dan bahkan motivasi kuliah.
8.       Aturlah waktumu, sehatkan akalmu..
“orang pintar adalah orang yang bisa mengatur waktunya dengan baik dan juga meyegarkan pikirannya dengan hal-hal yang positif, berpublic speaking dengan baik dan berkomunikasi dengan baik”


Sukses itu adalah salah satu keberhasilan. Gagal itu adalah suatu tantangan.Tangguh itu adalah suatu keberanian.

Sekian dulu ceritanya yaa... insyaallah selanjutnya aku akan mencerikan dan memberi tips agar mendapatkan IPK tertinggi di bangku kuliah..

Wassalam J


Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN KENAIKAN TITIK DIDIH LARUTAN

LAPORAN PRAKTIKUM KOROSI

Lirik lagu Jai waetford- Get To Know You